WELCOME GUEST! This Blog Is Under Construction By Admin

Kamis, 19 Maret 2020

Ayo BerKewirausahaan!

KEWIRAUSAHAAN

Nama           : Akbar Nurul Rizki
NPM            : 30416460
Kelas            : 4ID10
Mata Kuliah : Kewirausahaan

Hallo Sobatku tercinta ^^ kali ini saya akan membuat Thread post tentang Kewirausahaan nih lama ga post btw soo... semoga thread kali ini bisa menambah wawasan kalian dalam berkewirausahaan ya!!!^^ so tunggu apalagi Check this out ;)
A. Apa sih kewirausahaan itu guys?


Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan kewirausahaan? Secara umum, pengertian kewirausahaan adalah suatu proses dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang memberikan manfaat bagi orang lain dan bernilai tambah.
Ada juga yang menjelaskan definisi kewirausahaan adalah suatu sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas, aktif, bercipta daya untuk membuat sesuatu yang unik dan baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Kewirausahaan memiliki proses yang dinamis untuk menciptakan sesuatu yang disertai tenggang waktu, modal, sumber daya dan juga risiko.
Secara bahasa dalam Wikipedia, arti kewirausahaan adalah suatu proses untuk mengembangkan, mengindentifikasi, dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan. Kata “Kewirausahaan” berasal dari kata wira dan usaha. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Wira berarti; pejuang, berani dan berwatak agung, berbudi luhur. Sedangkan kata Usaha berarti; bekerja, berbuat amal, berbuat sesuatu.
Saya sendiri memiliki bisnis berupa penjualan barang seperti kaos-kaos distro dan sebagainya namun saya sebagai re-seller. Saya memulai bisnis ini waktu saya smk kira-kira sudah 6 tahun lamanya, dengan memulai buka toko online shop di aplikasi tokopedia dan forum jual beli seperti kaskus dan terkadang memanfaatkan aplikasi sosial media seperti fjb (forum jual beli) yang terdapat di facebook. Gambar diatas merupakan macam-macam produk yang saya jual. Bisnis tersebut saya pilih dikarenakan, saya melihat kondisi disekitar saya banyak produk-produk yang masih dalam kondisi baik namun sudah tidak terpakai lagi. Dari situlah saya membuat ide untuk menjualkan barang-barang saya yang sudah tidak terpakai lagi.

Gambar diatas merupakan gambaran macam-macam produk yang saya jual. Bisnis penjualan online tersebut saya pilih dikarenakan, saya melihat kondisi teman saya waktu itu membutuhkan bantuan untuk memasarkan produk-produk distronya jadi, dari situlah saya membuat sebuah ide untuk menjualkan barang-barang teman saya dengan media online. 
Memanfaatkan jualan melalui media online memanglah memiliki berbagai macam kendala dan kesulitannya. Apabila kita mau berjualan harus sering-sering update produk, aktif dimedia sosial untuk promosi, dan lainnya. Saya sendiri terkadang kewahalan dalam mengupdate barang-barang baru agar slalu update dengan para konsumen maka dari itu saya terkadang meminta bantuan dari orang lain seperti adik atau kakak saya dalam hal mengupdate list produk baru, terkadang saya juga sering menawarkan secara langsung kepada teman atau saudara terdekat saya tentang produk-produk yang saya jual. Hasil yang diperoleh cukup memuasakan saya oleh karna itu ayo mulai berkewirausahaan guys! Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca :)

Sumber:
https://www.maxmanroe.com/pengertian-kewirausahaan.html
Sumber Gambar diambil melalui google search image.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates